LOGIN USER TENDER
 
Thousands of Tender Information
(Members only)
 
User Id :
Password :
Verification :
 
 
 
TAJUK RENCANA LAINNYA :
 
 
TAJUK RENCANA
2018-11-21 13:20:18
Terobosan B 20
TAJUK RENCANA

Rabu 21 Nov 2018


Terobosan B 20

Lesunya ekonomi global ditambah lagi dengan dimusuhinya minyak CPO di belahan Eropa, langsung membuat andalan ekspor Indonesia ini keok.
Selain membuat lesu darah ekonomi di daerah penghasil CPO, juga membuat penerimaan devisa makin ciut.

Maka pemerintah langsung mengambil langkah cepat dengan menerapkan mandatory B20. Yakni menghatuskan bahan bakar solar memiliki kandungan 20% Fame (Fame ini adalah bahan dasarnya dari CPO) yang kemudian dicampur solar membentuk sebagai biosolar.
Tadinya bioslora sudah berjalan dengan hanya mengandung Fame sebesar 5% saja. Diharapkan peningkatan 15% kandungan Fame akan mampu mendongkrak pemakaian bahan baku CPO dalam negeri ini.

Hanya saja masih banyak kendala menghadang yang menjadi kendala. Misalnya isu logistik, di mana proses pencampuran Fame dan Solar harus dilakukan di mana?
Apakah di depo kilang, ataukah tersebar di 115 depo terminal BBM. Kalau di depo kilang, artinya semua Fame dikirim ke tanki kilang.
Kendalanya adalah tidak semua solar berasal dari kilang. Ada yg diimpor sari kuar negeri.
Tapi kalu fane dipasok tersebar, maka proses logistik termasuk antrian bongkar muat kapal dan ketersediaan fasilitas tanki tambahan,  menjadi pekerjaan rumah tersendiri.

Selain itu juga ada kendala teknik di mana pemakaian B20 akan rentan penggantian filter BBM di mesin. Ini berarti tambahan cost. Selain itu didapatkan dari pengalaman bahwa pemakaian B20 akan lebih boros pemakaian bahan bakarnya. Data pengamatan ini didapatkan dari perusahaan tanbang batubara Kaltim Prima Coal KPC yang sudah mengimplementasikan B20 ke semua armada operasional maupun alat beratnya.

Semua kebijakan memang ada untung ruginya. Ada tantangan kendala, tapi ada peluangnya.Tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Salam sukses,
Tito Loho
(CEO www.tender-indonesia.com)

Note : Tito Loho kelahiran Palembang 1973, adalah pendiri media online berlangganan yakni
www.tender-indonesia.com yang berisikan aneka informasi proyek.
Dalam perjalanannya, layanannya terus bertambah dan salah satunya adalah hadirnya divisi Tender TV.
Yakni siaran khusus untuk informasi seputar proyek.
 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com